IIC Rilis Survei Elektabilitas Capres di Sulsel, Prabowo Unggul 30.9%

50
Dengarkan Versi Suara

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Lembaga riset dan survei, Integritas Ide Celebes (IIC) merilis hasil survei bulan Oktober 2022, di salah satu warung kopi di Kecamatan Panakkukang, Makassar, Jumat (14/10/2022).

Rilis tersebut mengungkap sikap pemilih di Sulawesi Selatan terhadap kandidat Calon Presiden 2024.

Hasil riset tersebut menyebut tiga nama yang mendominasi yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Elektabilitas tertinggi dengan persentase 30,9% dimiliki Prabowo Subianto, disusul Anies Baswedan 21,8%, dan Ganjar Pranowo 11,6%.

Direktur IIC, Akbar Najemuddin, menjelaskan, elektabilitas Prabowo Subianto jika dibandingkan perolehan suara pada Pemilu 2019 Lalu mengalami penurunan.

“Munculnya Kandidat calon presiden pendatang baru seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, membuat irisan bagi pemilih Prabowo pada pemilu lalu,” kata Akbar, sapaan akrab Akbar Najemuddin.

Menurutnya, penurunan suara Prabowo, disebabkan karena terjadinya pergeseran pemilih Prabowo ke Anies Baswedan.

Di mana pada Pemilu 2019, Anies merupakan bagian dari tim pemenangan Prabowo. Sementara suara Ganjar Pranowo diuntungkan dari dukungan pemilih Jokowi pada 2019 lalu.

“Disebabkan Ganjar adalah tim pemenangan Jokowi pada pemilu lalu dan berada pada partai yang sama,” ungkap Akbar.

IIC juga menemukan pemilih yang belum menetukan pilihan (swing voters) masih terbilang tinggi sebesar 21%. Di karenakan sosialisasi kandidat calon presiden belum terlalu massif dan belum adanya kepastian capres yang resmi ditetapkan KPU.

Olehnya itu, elektabilitas ketiga kandidat capres masih berpeluang mengalami perubahan. Lemahnya konsistensi dan kemantapan pemilih dalam menetapkan pilihannya terhadap kandidat Ccapres masih cukup besar yakni 48,7%.

“Data ini menunjukkan bahwa arah dukungan pemilih masih dapat berubah, ini menjadi peluang pertarungan di Sulsel,” ujar Akbar.

Selain sikap pemilih terhadap kandidat Capres 2024, IIC juga merealese sikap pemilih terhadap partai politik. Partai Golkar, Gerindra dan Nasdem berada pada posisi 3 teratas, dengan elektabilitas 21% Golkar, Gerindra 17,7%, dan Nasdem 15,3%.

Menyusul partai Demokrat 6,5%, PDIP 5,9%, PKS 5,9%, serta PAN, PPP, PERINDO dan PKB berada di bawah 2%.

“Tingginya elektabilitas partai di Sulsel dipengaruhi oleh figur/tokoh partai,” ucap Akbar.

Sementara itu, persoalan ekonomi masih menjadi persoalan utama di Sulawesi Selatan. Integritas Ide Celebes mengungkapkan tingginya harapan masyarakat akan kesejahteraan (49,2%) dan yang berharap terbukanya lapangan kerja (25,7%). Kedua isu strategis ini akan mempengaruhi arah dukungan masyarakat Sulawesi selatan kepada kandidat capres.

Survei sikap pemilih Sulsel terhadap kandidat Capres 2024 ini dilaksanakan oleh lembaga survei IIC pada tanggal 1 Oktober 2022 sampai dengan 5 Oktober 2022, dengan jumlah 600 responden yang tersebar secara proporsional di 24 kabupaten/kota. Metode wawancara tatap muka.

Metode penelitian yang digunakan multistage random sampling dengan margin of eror kurang lebih 3,8%. Kendali mutu pada survei ini dilakukan secara berlapis, mulai dari pengumpulan data, spotcheck lapangan, validasi dan verifikasi pasca pengumpulan data.

Sementara tim peneliti yang melakukan wawancara tatap muka berasal dari mahasiswa, peneliti yang berpengalaman berjumlah 40 orang.

Diskusi tersebut juga menghadirkan Pakar Politik dan Kebangsaan, Arqam Azikin.