Mulai Dibangun, Kantor Gubernur Sultra Digadang-gadang jadi Gedung Tertinggi dan Termegah

69
Dengarkan Versi Suara

RAIJURNAL.COM, KENDARI – Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, melaksanakan groundbreaking pembangunan gedung kantor Gubernur Sultra, Jumat (2/9/2022). Gedung baru ini akan dibangun di lokasi yang sama, tepatnya di belakang kantor Gubernur Sultra saat ini.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan, gedung baru kantor Gubernur Sultra digadang-gadang akan menjadi gedung termegah dan tertinggi di Sultra. Didesain dengan konsep minimalis modern, bangunan tersebut didesain  sebanyak 22 lantai plus menara atau sekitar 112 meter. Diperkirakan pembangunan akan rampung dalam 2 hingga 3 tahun ke depan. Dengan Luas lahan 147.700 meter persegi dan luas bangunan dari lantai dasar sampai lantai 22 adalah 88.320 meter persegi.

Total anggaran yang dibutuhkan hingga selesainya gedung tersebut berkisar 400 milliar,” ujarnya.

Pekerjaan pembangunan gedung kantor Gubernur Sultra  tahap satu, dianggarkan Rp27 miliar. Pada tahap awal ini, pembangunan fokus pada pondasi dan pemasangan tiang pancang  sebanyak 341 titik dengan menggunakan motodologi hydrulic jacking injection system. Keunggulan system ini adalah ramah lingkungan karena dalam pelaksanaannya hampir tidak menimbulkan getaran dan kebisingan pada wilayah Proyek.  Kedalaman tiang pancang pada pembangunan kantor rata-rata berkisar 18 meter dengan menggunakan alat hydraulic static ple driver (HSPD).

“Tujuan pembangunan kantor gubernur ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan fasilitas infrastruktur dalam meningkatkan roda perekonomian yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi berharap, pembangunan gedung baru ini mampu menciptakan kenyaman dalam bekerja, lebih efesien dan tersentral.

“Kita punya lahan luas tapi OPD terpencar, bahkan ada yg berkantor di kota lama. Semoga pembangunan gedung ini lancar demi kemajuan daerah demi kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Untuk diketahui, peruntukan lantai kantor Gubernur Sultra tahap satu yakni:

  1. Lantai dasar: parkiran
  2. Lantai1-2: tuang fasilitas pendukung ( ruang dharma wanita, pameran, cafetaria,Laktasi, prasasti, dll.
  3. Lantai3: aula
  4. Lantai4: ruang penghubung bupati
  5. Lantai5: ruang Kepala Biro BPBJP dan staf
  6. Lantai6: ruang Kepala Biro Hukum dan Kepala Biro Kesejahteraaan
  7. Lantai7: Ruang Kepala Biro Kerjasama dan Kepala Biro Organisasi
  8. Lantai8: Ruang Kepala Biro Pemerintahan dan Kepala Biro Perekonomian
  9. Lantai9: ruang Kepala Biro Umum dan Staf
  10. Lantai10: ruang asisten
  11. Lantai11: ruang kerja gubernur dan wakil gubernur
  12. Lantai12-16: ruang kerja kepala OPD
  13. Lantai17: ruang kerja Sekda
  14. Lantai18: ruang kerja VIP wakil gubernur
  15. Lantai19: ruang kerja VIP gubernur
  16. Lantai20: ruang mekanikal dan elektrikal
  17. Lantai21-22: ruang roof water tank

(detik)