KPID Awards 2022 Usung Tema Ekonomi Pariwisata Domestik

81
Dengarkan Versi Suara
(Foto/Ist)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan, akan menggelar KPID Awards Sulawesi Selatan 2022 dengan mengusung tema Media Penyiaran Sebagai Sarana Publikasi Kebangkitan Pariwisata Berbasis Desa di Sulawesi Selatan.

Event ini diagendakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan pada HUT Sulawesi Selatan yang ke-353. Launching temanya digelar Selasa, 15 Februari 2022 lalu di Gedung Mulo Makassar, yang dihadiri pimpinan lembaga penyiaran radio dan televisi se-Sulawesi Selatan.

Tema ini dimaksudkan untuk mendorong potensi ekonomi pariwisata yang diharapkan mampu menggaet wisatawan yang tentunya akan berkontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulawesi Selatan.

Promosi Wisata Domestik

Dalam ajang ini, KPID dan Dinas Pariwisata Sulsel bersinergi dalam mempromosikan destinasi wisata domestik guna mendongkrak ekonomi Sulsel.

Ketua KPID Sulsel, Muhammad Hasrul Hasan mengatakan bahwa pariwisata domestik menjadi salah satu sektor pendorong kebangkitan PAD, sehingga dukungan lembaga penyiaran dalam mempublikasikan potensi pariwisata baru, khususnya berbasis desa, dipandang perlu.

“Jika PAD meningkat, tentu berdampak positif dengan ekonomi daerah dan mampu mendukung sektor lainnya, khususnya industri pariwisata,” kata Hasrul.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Prof Jufri.

“Jika destinasi wisata di desa berkembang, maka potensi wisata di Sulsel maju. Jika potensi wisata di Sulsel maju, maka ekonomi Indonesia akan bangkit,” ujarnya.

Prof Jufri juga menyampaikan beberapa istilah yang dikembangkannya di dinas yang dipimpinnya, yakni Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama) dan Gas Pool (gerakkan seluruh potensi secara online).(*)