RAI Makassar Gelar Aksi Donor Darah di CFD Boulevard

80
Dengarkan Versi Suara
RAI Makassar gelar aksi donor darah. (RAIJurnal/Daeng Bone)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Relawan Akhirat Indonesia (RAI) Makassar bekerja sama dengan UTD PMI Makassar, menggelar aksi donor darah di Car Free Day (CFD) Jalan Boulevard, Makassar, Ahad (16/1/2022).

Aksi donor darah yang diberi nama Ayo Sedekah Darah dirangkaikan dengan aksi penggalangan donasi lewat kegiatan Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya.

Aftaper UTD PMI Kota Makassar, Evi Susanti mengatakan bahwa lewat kegiatan ini diharapkan bisa mendapatkan persediaan darah karena jumlah pendonor yang menurun drastis.

“Data menunjukkan bahwa setiap delapan detik ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah,” ujar Evi.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Aksi Donor Darah, Arjunaedi mengatakan bahwa data WHO menunjukkan kebutuhan darah di Indonesia per tahun mencapai sekitar 5,1 juta kantong, sementara yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong darah.

Related Posts

“Angka yang kurang dari target ini mengakibatkan banyak rumah sakit masih sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah. Kurangnya ketersediaan darah
diperkirakan merupakan akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya,” kata Arjunaedi.

Kegiatan Ayo Sedekah Darah kata Arjunaedi berhasil mengumpulkan 40 kantong darah, meski dengan waktu pelaksanaan yang sangat terbatas, dimulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 09.00 Wita, sehingga masih ada beberapa orang calon pendonor yang terpaksa harus ditolak.

Tak kalah serunya dengan Aksi Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya. Stand RAI Makassar pada kegiatan CFD menjadi banyak disinggahi, ada beberapa pengunjung yang penasaran dengan aksi tersebut.

RAI Makassar gelar aksi Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya. (RAIJurnal/Daeng Bone)

 

Bendahara RAI Makassar, Evi Damayanti yang sekaligus Koordinator Aksi mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebuah upaya untuk menggalang donasi
bagi anak yatim dan penghafal Al-Quran.

“Saat ini RAI Makassar setiap bulannya menyantuni 14 pondok tahfidz dan panti asuhan dengan jumlah santri 437 orang. Alhamdulillah aksi ini mendapat respon yang postif dari para pengunjung pada kegiatan CFD,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut RAI Barru dan RAI Gowa.

Penulis: Daeng Bone