Pemerintah Siapkan Bantuan Tunai Rp600 Ribu untuk 2,76 Juta PKL dan Warung

64
Dengarkan Versi Suara
Ilustrasi uang. (RAIJurnal/Kink Kusuma Rein)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Pemerintah telah menyiapkan program frontloading di awal tahun ini, antara lain adalah bantuan tunai untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan warung.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, bantuan tunai yang diberikan untuk PKL dan warung itu akan cair di kuartal I 2022.

“Ini akan segera dilaksanakan dan Presiden setuju untuk perlindungan sosial akan dilakukan frontloading di kuartal pertama,” kata Airlangga dalam konferensi pers, Ahad (16/1/2022).

Mantan Menteri Perindustrian ini menyebutkan, besaran bantuan mencapai Rp600.000 per penerima. Sementara jumlah penerimanya mencapai 2,76 juta.

Dia menambahkan, program ini juga diberikan untuk menangani kemiskinan ekstrem di Indonesia.

“Jumlah peserta diperkirakan 2,76 juta, 1 juta PKL pemilik warung, dan 1,76 juta nelayan, penduduk miskin ekstrem. Besaran yang diberikan Rp600.000 per penerima,” ujarnya.

Tak hanya itu, pemerintah juga melanjutkan beberapa program bansos dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan anggaran mencapai Rp414 triliun. Bansos ini terdiri dari bansos reguler yang dicairkan pemerintah tiap tahun maupun bansos yang dicairkan dalam rangka pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Penulis: Arumi