BBKP Makassar Kawal Ekspor Komoditas Unggulan Sulsel ke Rusia

72
Dengarkan Versi Suara
BBKP Makassar Kawal Ekspor Komoditas Unggulan Sulsel ke Rusia. (Foto/Int)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar melakukan sertifikasi atas komoditas pala dan cengkeh senilai Rp1,7 miliar yang akan diekspor ke Rusia melalui jalur laut.

Seremoni kegiatan tersebut dilaksanakan di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Senin (10/1/2022).

Volume komoditas pala dan cengkeh yang diekspor mencapai 15 ton, dengan rincian pala sebanyak 7.500 kilogram dan cengkeh 7.500 kilogram.

Komoditas pertanian tersebut diekspor oleh CV SMS yang merupakan eksportir baru, sekaligus meluncurkan ekspor perdana pada tahun 2022.

Kepala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir, mengatakan sebagai UPT di bawah Kementerian Pertanian, pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya yang mendukung program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) Kementerian Pertanian.

“Salah satunya adalah bersinergi dengan instansi-instansi di lingkup Pemprov Sulsel, khususnya dalam hal percepatan ekspor komoditas pertanian,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan para instansi-instansi terkait, BUMN, asosiasi dan para pelaku usaha dalam upaya peningkatan akselerasi ekspor di Sulsel.

“Saya sendiri sangat bangga dengan CV SMS ini, karena sebagai pengusaha milenial beliau mampu menembus pasar Eropa untuk ekspor, dan hal ini menjadi trigger, pemicu bagi para pelaku usaha milenial dalam melakukan eksplorasi komoditas andalan di Sulsel,” kata mantan Kepala Inspektorat Sulsel ini.

Penulis: Arumi