Mengenal Lebih Jauh Arti Wirausaha

58
Dengarkan Versi Suara
Ilustrasi wirausaha. (Foto/Int)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Wirausaha adalah istilah yang sering kita dengar. Wirausaha kerap dikaitkan dengan menjalankan usaha sendiri. Lalu apa itu wirausaha?

Dikutip dari Wikipedia, wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Di banyak negara, wirausaha adalah aspek penting yang memainkan peran vital dalam ekonomi. Ini karena sektor swasta yang digerakan para pengusaha ini menjadi penyumbang ekonomi terbesar.

Sektor kewirausahaan di Indonesia banyak digeluti oleh para pelaku usaha kecil alias UMKM. Wirausahawan juga membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran. Seorang pedagang kaki lima pun bisa disebut sebagai pelaku wirausaha.

Merujuk pada Kementerian Industri, Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Sebab, saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk.

Penulis: Athar