Percepat Vaksinasi Lansia, Dinkes Makassar Akan Door to Door

54
Dengarkan Versi Suara
Vaksinasi. (Foto ilustrasi/Int)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Vaksinasi door to door untuk warga lanjut usia (lansia) di Makassar segera dilakukan. Hal tersebut karena vaksinasi lansia di Kota Makassar tercatat masih rendah. Sampai 15 November 2021, capaiannya baru di angka 6,49% dari target 101.284.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengatakan pihaknya mulai menerjunkan tim dari rumah ke rumah mulai pekan ini.

“Nah ini sekarang kita merencanakan untuk turun ke lansia dari Babin dan Babinkantibmas, ini turun bagaimana percepatan vaksinasi lansia. Pekan ini kita jalan, tadi sudah rapat dengan Dandim. Tadi kita sudah persiapkan tim-tim,” ujar Nursaidah.

Dia mengatakan peningkatan angka vaksinasi lansia di Kota Makassar sangat menentukan penurunan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih berada pada level 2.

Untuk mecapai level 1, Makassar dituntut untuk bisa menggenjot vaksinasi lansia minimal 60%. “Kita berharap untuk menurunkan level Kota Makassar ke level I itu 60%. Kita harus mengejar lagi 24.000 lansia untuk capai 60%,” ujarnya.

Meski sasaran utama vaksinasi tersebut adalah lansia, ia mengatakan akan tetap menyasar segmen lainnya, termasuk remaja hingga kaum rentan.

Ia juga mengatakan telah mengantongi data rumah yang akan didatangi. Meski demikian, dia belum mengetahui pasti jumlahnya.

Penulis: Athar