Pemkot Makassar Proyeksikan Rp1,2 T untuk Infrastruktur Tahun Depan

60
Dengarkan Versi Suara
Pembangunan jalan tol layang. (RAIJurnal/Kink Kusuma Rein)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menggelontorkan anggaran infrastruktur kota, mencapai Rp1,2 Triliun di 2022 nanti.

Anggaran tersebut akan digelontorkan untuk program pembangunan fisik atau belanja modal. Sudah ada beberapa program yang dirancang untuk didorong pada pembahasan APBD 2022 di DPRD Makassar.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmi Budiman mengemukakan, tahun depan memang banyak program-program strategis yang akan didorong oleh Wali Kota Makassar.

“Iya ada banyak (program fisik). Tapi masih sementara dalam proses perencanaan. Kita akan dorong di APBD Pokok 2022 di DPRD Makassar nanti,” ujarnya.

Berdasarkan hitungan awal, kata dia, total anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan semua program pembangunan fisik atau belanja modal memang mencapai sekitar Rp1,2 triliun. Hanya saja, nilai tersebut belum dipastikan lantaran masih perlu persetujuan DPRD Makassar.

Helmi menambahkan, sejauh ini pihaknya masih menyusun kebutuhan anggaran untuk setiap program yang akan didorong di APBD 2022 nanti. “Nanti fiksnya setelah ketuk palu untuk APBD 2022,” katanya.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan, khusus pada APBD 2022 ia ingin memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Sebab, selama beberapa tahun terakhir infrastruktur Kota Makassar dinilai melambat.

Salah satu program yang akan ia dorong adalah pembangunan sirkuit balap di Salodong, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya. Pembangunan itu sudah mulai berjalan tahun ini untuk penimbunan. Anggarannya Rp20 miliar.

Penulis: Athar