Masuk Musim Hujan, Masyarakat Diimbau Waspada Banjir

56
Dengarkan Versi Suara
Ilustrasi banjir. (RAIJurnal/Kink Kusuma Rein)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengimbau masyarakat di daerah langganan banjir untuk tetap sigap dan meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Andi Hendra Hakamuddin mengatakan, kewaspadaan masyarakat mesti terus ditingkatkan saat ini. Sebab, kondisi cuaca di musim hujan sangat sulit diprediksi.

Meski pun, kata dia, selama dua hari terakhir intensitas hujan masih terbilang normal. Dalam sehari hujan turun hanya pada waktu-waktu tertentu. Antara siang, sore atau malam hari.

“Hujan belum konsisten. Tadi saja masih panas. Kemarin juga seharian masih panas. Jadi kita masih memantau terus. Sampai saat ini belum ada laporan,” kata dia, Rabu (17/11/2021).

Curah hujannya juga belum terlalu tinggi. Sebab jika curah hujan lebat, maka ada potensi saluran-saluran drainase cepat penuh. Inilah yang bisa memicu genangan hingga banjir di daerah pemukiman warga.

“Masih aman drainase. Tapi kita tetap standby monitor. Kemudian kami sudah rapat juga. Pada prinsipnya masih terkendali. Situasi terkendali tapi tetap waspada,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa beberapa hari lalu ada rumah warga yang terendam banjir. Proses evakuasi bahkan sudah dilakukan untuk mengamankan penghuni rumah yang terendam banjir tersebut.

“Sempat dievakuasi di Antang Blok 10. Ada tiga rumah terendam karena rumahnya di dataran rendah sekali. Tapi sekarang sudah kembali ke rumahnya karena sudah surut,” kata dia.

Penulis: Arumi