Evaluasi PTM Jenjang SD, Disdik Makassar Pertimbangkan Tambah Jam Belajar

42
Dengarkan Versi Suara
Ilustrasi murid Sekolah Dasar (SD). (Foto/Int)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar tengah mempertimbangkan penambahan jam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di jenjang sekolah dasar. Pertimbangan itu muncul setelah sepekan lebih PTM SD digelar.

Pertimbangan ini menyusul tren baik selama PTM berlangsung. “Alhamdulillah tidak ada (positif Covid-19), setelah diantigen,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amalia Malik membeberkan, penambahan waktu belajar bisa saja diakomodir hingga 5 jam sehari. Pelaksanaan PTM juga bisa didorong hingga 4-5 hari dalam sepekan.

Saat ini, PTM jenjang SD masih diterapkan maksimal hanya 3 jam pembelajaran selama 2 hari dalam sepekan, dengan jumlah siswa 50% dari kapasitas ruangan.

Meski demikian, pertimbangan untuk menambah jam PTM masih membutuhkan evaluasi lanjutan. Hal ini untuk melihat, apakah penerapan protokol selama PTM dapat dipertahankan dengan waktu tersebut.

“Jadi kita akan selesaikan karena ini masuk semester genap. Akan dievaluasi apakah pembelajaran akan ditambah atau harinya akan ditambah, itu bisa kalau lihat ini SD dan SMP yang sementara berjalan,” ujarnya.

Di sisi lain, Amalia mengaku tengah mempersiapkan PTM di jenjang PAUD Desember mendatang. “Kita masih persiapkan untuk jenjang PAUD Desember mendatang karena tren sejauh ini cukup baik,” kata dia.

Penulis: Arumi