Evaluasi PTM, Disdik Makassar Akan Tambah Jam Pembelajaran

62
Dengarkan Versi Suara
Ilustrasi murid Sekolah Dasar (SD). (Foto/Int)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan mengevaluasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) usai skrining melalui tes GeNose selesai. Termasuk terkait penambahan jam pelajaran.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Amalia Malik menuturkan, pelaksanaan PTM terbatas akan melihat situasi dan kondisi terkini. Skrining melalui tes GeNose menjadi salah satu indikator dalam melihat situasi dan kondisi tersebut.

“Dari awal memang kita mau evaluasi secara terus menerus. Jadi kalau tidak ada kasus yang begitu besar, maka bisa jadi pelaksanaan PTM ini diperluas,” ujarnya, Selasa (2/11/2021).

Evaluasi PTM kata dia sudah termasuk penambahan jam pembelajaran. Akan tetapi, ia belum bisa memastikan berapa penambahan yang akan diberikan.

“Kalau sekarang kan tiga jam pembelajaran setiap hari. Nanti kalau kondisinya tetap seperti ini kita akan tambah bergantung kesepakatan. Itulah bentuk evaluasi kita,” katanya.

Sementara untuk aturan lainnya masih tetap sama. Kapasitas ruangan tetap 50 persen dalam satu kelas. Kemudian, pembelajaran masih menggunakan sistem blended atau campuran antara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

“Untuk sementara masih jam pelajaran yang akan menjadi perhatian kita. Jadi pelan-pelan kita tambah supaya anak-anak kita bisa mengikuti pembelajaran lebih efektif di sekolah,” kata dia.

Penulis: Athar