Balitbangda Fasilitasi OPD Pemkot Makassar Tingkatkan Inovasi

58
Dengarkan Versi Suara
Balaikota Makassar. (Foto/Int)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Makassar targetkan bisa menghasilkan inovasi daerah yang berkualitas. Untuk itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) siap difasilitasi.

Saat ini, Balitbangda gencar menggelar sosialisasi hingga pelatihan bagi para inovator di Pemkot Makassar. Terbaru, sosialisasi untuk setiap OPD digelar di Hotel Santika, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (17/11/2021).

Plt Kabid Inovasi Balitbangda Kota Makassar, Khairil mengungkapkan, sebenarnya banyak inovasi-inovasi daerah yang bagus. Hanya saja, selama ini belum tereksplorasi dengan baik sehingga banyak yang tidak tampak.

Makanya, sosialisasi digencarkan untuk meningkatkan kapasitas setiap OPD dalam menyusun rumusan inovasi yang akan didorong. Misalnya saja dalam proses penyusunan proposal inovasi daerah.

“Kita juga melakukan pendampingan mulai pembentukan gagasan, kemudian menggali ide-ide dan menggali inovasi, kemudian didorong implementasi dan pengembangan melalui transformasi informasi,” kata Khairil.

Dengan pendampingan ini, Balitbangda menargetkan bisa mendorong setiap inovasi daerah untuk ikut dalam perlombaan. Sehingga, Kota Makassar bisa dilirik sebagai salah satu daerah yang inovatif di Indonesia.

Khairil mengatakan, sejauh ini masih ada beberapa kendala dalam menciptakan inovasi yang menarik. Misalnya dalam penyusunan kalimat dalam proposal. Masih ada sejumlah OPD yang mengaku kewalahan.

Penulis: Athar