Pemkot Gandeng Alumni SMP 5 Tanam 30.000 Pohon di Kota Makassar

60
Dengarkan Versi Suara
Ilustrasi tanam pohon. (Foto/Int)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar (Pemkot) bekerjasama dengan alumni SMP 5 Makassar akan menanam 30.000 pohon. Pohon-pohon tersebut disebar di setiap kelurahan di Kota Makassar.

Rencananya, gerakan menanam ini akan dimulai pada 7 November mendatang secara serentak.

Panitia Penghijauan Kota, Zainal Ibrahim mengatakan ada 18 jenis pohon yang akan disebar di seluruh kelurahan di Kota Makassar. Jenis pohon yang ditanam rata-rata menyesuaikan dengan kondisi tanah yang ada.

“Pohon-pohon itu terdiri dari tanaman buah. Di antaranya sirsak, nangka, rambutan, dan coppeng. Juga ada pohon pelindung dan pohon-pohon hias,” kata Zainal, Sabtu (30/10/2021).

Penanaman pohon tersebut kata Zainal akan dikoordinasikan dengan kelurahan. Mereka yang menentukan titik-titik mana saja yang akan ditanami beberapa jenis pohon tersebut.

“Kelurahan yang tentukan titiknya di mana saja. Jadi sebelum itu kelurahan berkoordinasi dengan RT/RW di lingkungannya untuk menentukan lokasi yang tepat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zainal menyebut penanaman pohon ini ditargetkan pada 1.000 area. Khusus pohon buah, diminta diprioritaskan di kompleks-kompleks perumahan atau kawasan pemukiman warga.

“Intinya area yang ditanami bukan pada area-area fasilitas umum seperti bagian trotoar. Jadi bisa di perumahan tapi tetap dikomunikasikan dulu,” katanya.

Penulis: Athar