LSKP Sulsel Gelar Workshop Policy Brief Isu Tematik di Makassar

54
Dengarkan Versi Suara
Peserta Workshop Penyusunan Policy Brief Isu Tematik. (Foto/Ist)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP) Sulawesi Selatan menggelar Workshop Penyusunan Policy Brief Isu Tematik sebagai tindak lanjut pertemuan meeting zoom dari kegiatan Briefing and Sharing Berbagi Pendekatan Advokasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Workshop Penyusunan Policy Brief Isu Tematik tersebut dilaksanakan di Hotel Harper Makassar, Kamis-Jumat (14-15/10/2021).

Kegiatan ini diikuti sejumlah NGO di antaranya PPO Daun Hijau, Relawan Akhirat Indonesia (RAI) cabang Barru, Kompak dan HIB.

Pelatihan penyusunan analisis terhadap suatu isu strategis dan kebijakan dalam bentuk naskah singkat, untuk meyakinkan policy maker agar mengadopsi alternatif pilihan yang diusulkan.

Selain itu untuk mengidentifikasi isu kebijakan dan mengembangkan dialog dua arah dan ‘keterlibatan’ dengan beneficiary dari manfaat riset, misalnya pembuat kebijakan, serta menciptakan tim komunikasi dan diseminasi.

Direktur LSKP, Andi Yudha Yunus mengatakan bahwa, proses penyusunan kebijakan hingga ke implementasi sebelumnya diawali dengan hasil penelitian atau data kemudian menjadi dasar sebagai penentu evidence policy.

“Perlu adanya Policy Brief untuk menjembatani jarak antara peneliti dengan pembuat kebijakan,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Perkumpulan Wallacea, Basri Andang mengapresiasi kegiatan LSKP tersebut.

“Saya pikir ini sangat positif dalam rangka peningkatan SDM para LF khususnya dalam penyusunan hasil analisis,” kata dia.

Penulis: Andi Asra Nur