IKA Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan UMI Gelar Raker Secara Daring dan Luring

182
Dengarkan Versi Suara
(Foto/Ist)

 

RAIJurnal.com, MAKASSAR – Ikatan Alumni Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia menggelar rapat kerja di Aula FPIK UMI Gedung MB Lantai 4, Selasa (31/8/2021).

Rapat kerja yang dilaksanakan secara daring dan luring ini mengangkat tema “Bersatu Dalam Sinergi di Era Disrupsi”.

Ketua Pelaksana Rapat Kerja, Irfan dalam sambutannya mengatakan bahwa rapat kerja ini digelar sebagai eksistensi IKA FPIK UMI.

Sementara Wakil Dekan 3 FPIK UMI, St. Hadijah memberi motivasi di tengah pandemi ini.

“Pandemi bukanlah penghalang untuk berkarya,” ujarnya.

Ia juga berharap agar IKA FPIK dapat melakukan inovasi sebagai kontribusi dan peran nyata dalam perekrutan mahasiswa baru FPIK.

(Foto/Ist)

 

Sementara Ketua IKA FPIK, Mauli Kasmi mengatakan bahwa terjalinnya hubungan yang kuat antara alumni dan almamater menjadi salah satu faktor peningkatan kualitas perguruan tinggi.

“Kontribusi alumni sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan yang ketat dalam hal perekrutan mahasiswa baru. Alumni adalah produk akhir yang dihasilkan perguruan tinggi, keberadaannya berperan penting bagi kualitas dan eksistensi dari perguruan tinggi yang meluluskannya,” kata dia.

Oleh sebab kata Mauli, upaya strategis dalam rangka memperhatikan keberadaan alumni ini harus dilakukan, karena selain menjadi sasaran mutu sebuah perguruan tinggi, alumni juga menjadi media evaluasi dan tolak ukur kesuksesan sebuah perguruan tinggi.

“IKA FPIK dan pihak fakultas akan terus melakukan upaya strategis melalui penelitian pelacakan alumni, menjalin hubungan dan kerja sama dengan alumni, serta mempersiapkan calon alumni yang kompeten dan berkualitas,” ujarnya menambahkan.

Rapat kerja ini berbeda dari biasanya, pelaksanaannya dilakukan secara daring dan luring secara bersamaan. Secara daring peserta mengikuti raker melalui zoom meeting dan secara luring peserta mengikuti kegiatan dengan hadir langsung di Aula FPIK UMI.

“Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Ketua Dewan Pembina IKA FPIK UMI, Adil Zainuddin.

Ada beberapa program kerja yang dihasilkan dalam rapat kerja tersebut yakni webinar, temu alumni, pembentukan tim tanggap bencana, pengurusan legalitas IKA FPIK. Rapat Kerja ini ditutup secara resmi pada pukul 15.03 Wita oleh pimpinan rapat, Imran Yusuf.

Penulis: Azzahra Arumi Zaky