Pemkot Makassar Gandeng Pelni Isolasi Pasien Covid-19 di Atas Kapal

56
Dengarkan Versi Suara
Kapal PT Pelni. (Foto/Int)

RAIJurnal.com, MAKASSAR – PT Pelni siap mengirim kapal untuk mendukung program Pemerintah Kota Makassar yang akan mengisolasi pasien Covid-19 di atas kapal.

Pihak PT Pelni menyatakan berpengalaman dalam penanganan pasien Covid di kapal dan didukung ABK yang mumpuni.

“Kapal Pelni selalu siap bila dibutuhkan dan kapal Pelni di bawah naungan Kemenhub, karena Pelni sebagai operator sudah berpengalaman dengan ABK yang mumpuni,” kata Pjs Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Opik Taufik, seperti yang dikutip dari detikcom, Senin (12/7/2021).

Sementara, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa program isolasi terpadu apung skala kota adalah konsep isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 pertama di Indonesia.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Menhub, beliau mendukung sepenuhnya. Atas nama pemerintah dan warga Kota Makassar kami menyampaikan terima kasih atas sambutan positif Bapak Menhub,” kata wali kota yang akrab disapa Danny ini dalam keterangannya.

Menurut Danny, usai melakukan Zoom Meeting dengan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI dan pimpinan PT Pelni, rencananya armada kapal penumpang milik PT Pelni akan tiba di Makassar pada Rabu nanti (14/7/2021).

Diketahui daya tampung kapal penumpang yang disiapkan berjumlah sekitar 900 tempat tidur. Kapal penumpang ini merupakan kapal penumpang milik PT Pelni yang dihentikan sementara pengoperasiannya akibat pandemi Covid-19.

“Tanggal 14 nanti kita akan mengunjungi kapalnya, nanti kita akan menyusun protap isolasi mandiri kerja sama Kemenhub, PT Pelni, dan Pemkot Makassar. Kita akan siapkan program-program penyembuhan bagi pasien, kita akan siapkan juga Hepa Filter di kapal,” tambah Danny.

Penulis: Kink Kusuma Rein