Puslatbang KMP LAN RI Gelar VKN ke IX di Bone

101
Dengarkan Versi Suara
Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi (kiri) bersama Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tenggara, Asrun Lio. (RAIJurnal/Kink Kusuma Rein)

 

RAIJurnal.com, BONE – Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (Puslatbang KMP LAN RI) menggelar Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Angkatan IX di Kabupaten Bone.

Sebanyak 60 peserta VKN disambut langsung Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi di Baruga Latea Riduni, Kompleks Rujab Bupati Bone, Senin (28/6/2021) lalu.

Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar A. Taufik mengatakan, 60 orang peserta tersebut berasal dari berbagai kabupaten kota dan provinsi di Sulawesi dan Kalimantan.

“Kami memutuskan Kabupaten Bone sebagai Lokus satu-satunya untuk pelatihan kepemimpinan karena pertimbangan utama kami yakni memang Bone terkenal sebagai lumbung inovasi. Baru-baru ini inovasi Kabupaten Bone masuk 99 Top Inovasi Indonesia,” kata Taufik.

Sementara itu, Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengucapkan terima kasih kepada Puslatbang KMP LAN RI atas dipilihnya Kabupaten Bone menjadi lokasi VKN Angkatan IX Tahun 2021.

Ia menyebut, Bone merupakan daerah terbesar kedua di Sulsel dari segi jumlah penduduk dan luas wilayah.

“Secara histori Kabupaten Bone merupakan pemegang hegemoni pemerintahan kerajaan yang ada di Sulawesi Selatan dan penempatan visitasi ini sangat tepat di tempatkan di Bone karena mewakili daerah Bugis dan menjadi daerah pusat kebudayaan Bugis di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tenggara, Asrun Lio membawakan sambutan saat mengikuti VKN di Bone, Sulawesi Selatan. (RAIJurnal/Kink Kusuma Rein)

 

Pada hari kedua kegiatan tersebut, para peserta dibagi menjadi 5 kelompok dan diarahkan ke Lokus yang telah ditentukan oleh panitia.

Kelompok I yang diketuai oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio ditempatkan di Desa Samaelo, Kecamatan Barebbo.

“Alhamdulillah di sini kami disambut baik oleh pemerintah setempat dan para petani. Kami banyak belajar bagaimana mengembangkan potensi pertanian,” ujarnya, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Senin 28 Juni hingga Rabu 30 Juni 2021.

Penulis: Kink Kusuma Rein